05 August 2013

4 Penyebab Hasil Print Rusak / Bergaris

4 Penyebab Hasil Print Rusak / Bergaris - Hal teman, pada postingan ini saya akan mencoba untuk share tentang printer. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sekarang ini sudah banyak sekali printer dengan merk yang berbeda - beda dan kualitas berbeda pula. Tapi tidak sedikit juga orang yang memilih printer yang harganya murah, hal ini dikarenakan dengan harga yang murah bisa lebih terjangkau.

Pada printer seringkali kita menemukan beberapa masalah yang terjadi, seperti yang akan saya share disini yaitu masalah bergaris pada hasil print nya. Masalah yang satu ini memang sering sekali di alami oleh para pemilik printer dan bagi mereka yang sudah mengetahui penyebab masalah itu terjadi saya rasa mereka tidak akan kebingungan dan akan langsung memperbaikinya. Tapi, bagaimana dengan orang - orang yang tidak mengetahuinya? Jangan takut teman, supaya anda jadi tau kenapa hasil printer di rumah terdapat garis - garis, yang harus anda lakukan sekarang adalah teruskan membaca artikelnya :)

Baiklah teman, pada postingan ini saya akan share 4 penyebab saja ya. Mungkin masih banyak penyebab yang terjadi pada printer anda yang hasilnya bergaris, tapi yang akan saya share hanya 4 saja. Jadi, kalau anda masih kurang dengan ke-4 penyebab ini bisa anda cari lagi yang lainnya di Google.

4 Penyebab Hasil Print Rusak / Bergaris

1. Penyebab pertama, terdapat pada head-nya.

Apabila anda memakai printer secara berlebihan maka akan membuat head-nya menjadi panas. Dan akibat dari panasnya head ini mengakibatkan hasil pada printer anda  menjadi bergaris. Proses Head menjadi panas ini terjadi pada saat setelah head cleaning. Dan terjadinya head cleaning ini adalah pada saat anda melakukan isi ulang tinta pada printer yang dimodif infus. Head cleaning ini akan terjadi secara otomatis pada printer anda. Khusus untuk printer Epson Stylus T20E, terjadinya head cleaning ini adalah pada saat printer dalam keadaan mati kemudian dihidupkan. Pada printer Epson Stylus T20E akan terjadi head cleaning secara otomatis, meskipun tinta masih banyak.

2. Penyebab kedua, debu yang masuk ke catridge.

Selain penyebabnya terdapat pada head-nya, bisa saja ada debu yang masuk ke catridge printer anda dan mengakibatkan hasil print-nya jadi bergaris. Kalau kita perhatikan memang seperti hal yang sepele dan akan beranggapan tidak mungkin dengan debu bisa membuat hasil print jadi rusak (bergaris), tapi daripada bingung dan terus dipikir mending coba saja anda bersihkan catridgenya dulu.

Biasanya debu ini masuk melalui lubang botol tinta infus, debu akan berkumpul di sekitar lubang botol tersebut dan masuk secara bersamaan pada saat anda mengisi tinta ke dalam botol yang terdapat debunya. Apalagi pada saat anda mengisi tinta yang berlebihan / luber, bisa dengan seenaknya tuh debu pada masuk ke dalam botol tinta infus.

3. Penyebab ketiga, catridge bocor.

Masalah catridge bocor atau jebol adalah mimpi buruk bagi para pemilik printer, soalnya akibat dari bocornya / jebolnya catridge ini bisa mengakibatkan hasil cetakan pada printer anda menjadi rusak (bergaris).

Biasanya hal ini terjadi karena printer yang sering dipakai secara berlebihan, printer dipakai secara terus menerus tanpa ada istirahatnya. Sebaiknya apabila anda hendak memakai printer untuk waktu yang lama, coba anda istirahatkan paling tidak 1 - 2 menit sebelum melanjutkan mencetak yang lain, atau diistirahatkan lebih dari 1 - 2 menit bisa lebih bagus lagi.

4. Penyebab keempat, adalah head rusak.

Kalau di penyebab nomor 1 adalah head-nya panas saja, untuk yang nomor 4 ini terbilang parah yaitu head-nya rusak. Hmm.. Mungkin ini juga mimpi buruk ya bagi pemilik printer?! Apalagi harga head-nya ini sekitar Rp. 300rb an untuk printer yang setara dengan Epson Stylus T20E.

Biasanya, hal ini terjadi karena printer jarang digunakan. Apalagi kalau tidak digunakan secara berlama - lama, misalnya anda tidak menggunakan printer anda selama 1 bulan. Jadi usahakan setiap hari anda gunakan printer anda meskipun hanya untuk mencetak 1 lembar saja.

Selesai sudah tugas saya berbagi informasi tentang 4 penyebab hasil print rusak / bergaris. Semoga apa yang saya tulis disini bisa bermanfaat bagi anda. :)


Suka dengan artikel ini? :


 

Blogging

More on this category »

Kesehatan

More on this category »

Internet

More on this category »